sumber-sumber ide bisnis
TUGAS
KEWIRAUSAHAAN
Menurut Lambing, ada dua
pendekatan utama yang digunakan panwirausaha untuk mencari peluang dengan
mendirikan usaha baru, yaitu
-
pertama, pendekatan inside-out atau
disebut dengan idea generation, yaitu pendekatan berdasarkan gagasan sebagai
kunci yang menentukan keberhasilan usaha. Mereka melihat keterampilan sendiri,
kemampuan, Iatar belakang, dan sebagainya yang menentukan jenis usaha yang akan
dirintis.
-
Kedua, pendekatan the out - side in yang
juga disebut opportunity recognition, yaitu pendekatan yang menekankan pada
basis ide bahwa suatu perusahaan akan berhasil apabila merespons atau
menciptakan suatu kebutuhan di pasar. Opportunity recognition tidak lain adalah
pengamatan Iingkungan (environment scanning) yaitu alat untuk pengembangannya yang
akan ditransfer menjadi peluang-peluang ekonomi.
Dalam merintis usaha
baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut.
1. Bidang dan jenis usaha
yang dimasuki.
2. Bentuk usaha dan
bentuk kepemilikan yang akan dipilih.
3. Tempat usaha yang akan
dipilih.
4. Organisasi usaha yang
akan digunakan.
5. Jaminan usaha yang
mungkin diperoleh.
6. Lingkungan usaha yang
akan berpengaruh
Contoh
dalam Inside out idea generation,
yaitu merupakan ide usaha yang dimana sesuai dengan keterampilan kita dan
kemampuan kita. Contoh: Menjual makanan apa yang berhasil saya buat sendiri,
seperti misalnya saya menjual roti buatan saya sendiri, dan saya akan menjual melalui
media social yang saya miliki. Karna, di zaman yang semakin berkembang pesat
ini mayoritas orang akan selalu memainkan media social yang mereka miliki.
Lalu sebagai contoh lain:
saya akan membuka bisnis dengan menjual hadiah atau kado untuk seseorang atau
bisa disebut dengan parcel (bingkisan), yang dimana ide bisnis tersebut saya
dapatkan oleh seorang teman yang bingung memberi kado apa untuk pasangannya dan
untuk packingnya (bungkus kadonya) oleh sebab itu saya membantu orang-orang
yang ingin memberi kado atau bingkisan untuk seseorang namun bingung ingin memberi
apa.
Contoh dalam The
out side in opportunity recognition, yaitu merupakan
ide usaha yang dimana usaha tersebut melihat kebutuhan pasar. Contoh: di pandemic
sekarang ini perempuan-perempuan banyak mengalami masalah wajah, seperti
misalnya wajah mereka yang sering jerawatan, wajah yang kusam, wajah yang
bruntusan. Dengan ini saya menjual apa yang mereka butuhkan, misalnya menjual
serum wajah khusus jerawat, masker organic wajah untuk merek yang mempunyai
keluhan wajah kusam serta wajah yang mempunyai bekas jerawat.
Lalu sebagai contoh lain:
menjual kebutuhan toko kelontong,
seperti misalnya ciki-ciki, rokok, kebutuhan rumah tangga (super pel, detergen)
dll.
Intan Ariani Dewi
20190302044
Comments
Post a Comment