sumber-sumber ide bisnis

 TUGAS 

KEWIRAUSAHAAN

Menurut Lambing, ada dua pendekatan utama yang digunakan panwirausaha untuk mencari peluang dengan mendirikan usaha baru, yaitu

-          pertama, pendekatan inside-out atau disebut dengan idea generation, yaitu pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang menentukan keberhasilan usaha. Mereka melihat keterampilan sendiri, kemampuan, Iatar belakang, dan sebagainya yang menentukan jenis usaha yang akan dirintis.

-          Kedua, pendekatan the out - side in yang juga disebut opportunity recognition, yaitu pendekatan yang menekankan pada basis ide bahwa suatu perusahaan akan berhasil apabila merespons atau menciptakan suatu kebutuhan di pasar. Opportunity recognition tidak lain adalah pengamatan Iingkungan (environment scanning) yaitu alat untuk pengembangannya yang akan ditransfer menjadi peluang-peluang ekonomi.

Dalam merintis usaha baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut.

1. Bidang dan jenis usaha yang dimasuki.

2. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikan yang akan dipilih.

3. Tempat usaha yang akan dipilih.

4. Organisasi usaha yang akan digunakan.

5. Jaminan usaha yang mungkin diperoleh.

6. Lingkungan usaha yang akan berpengaruh

Contoh dalam Inside out  idea generation, yaitu merupakan ide usaha yang dimana sesuai dengan keterampilan kita dan kemampuan kita. Contoh: Menjual makanan apa yang berhasil saya buat sendiri, seperti misalnya saya menjual roti buatan saya sendiri, dan saya akan menjual melalui media social yang saya miliki. Karna, di zaman yang semakin berkembang pesat ini mayoritas orang akan selalu memainkan media social yang mereka miliki.

Lalu sebagai contoh lain: saya akan membuka bisnis dengan menjual hadiah atau kado untuk seseorang atau bisa disebut dengan parcel (bingkisan), yang dimana ide bisnis tersebut saya dapatkan oleh seorang teman yang bingung memberi kado apa untuk pasangannya dan untuk packingnya (bungkus kadonya) oleh sebab itu saya membantu orang-orang yang ingin memberi kado atau bingkisan untuk seseorang namun bingung ingin memberi apa.

Contoh dalam The out  side in  opportunity recognition, yaitu merupakan ide usaha yang dimana usaha tersebut melihat kebutuhan pasar. Contoh: di pandemic sekarang ini perempuan-perempuan banyak mengalami masalah wajah, seperti misalnya wajah mereka yang sering jerawatan, wajah yang kusam, wajah yang bruntusan. Dengan ini saya menjual apa yang mereka butuhkan, misalnya menjual serum wajah khusus jerawat, masker organic wajah untuk merek yang mempunyai keluhan wajah kusam serta wajah yang mempunyai bekas jerawat. 

Lalu sebagai contoh lain: menjual kebutuhan toko kelontong, seperti misalnya ciki-ciki, rokok, kebutuhan rumah tangga (super pel, detergen) dll.



Intan Ariani Dewi

20190302044

Comments

Popular posts from this blog

turunan fungsi lebih dari 1 variabel